A.C. Milan

Welcome To My World



"Let's Us Share and Study Together"

untitled456.blogspot.com

Thursday, June 6, 2013

Cloud Computing PART 2

Setelah sebelumnya saya membahas tentang pengertian dan jenis - jenis cloud computing, maka kali ini saya akan membahas Cloud Computing untun pengimplementasi nya dalam bidang kedokteran. Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan sedikit membahas lagi apa itu Cloud Computing.
Cloud Computing itu adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan sebuah metode komputasi dimana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis internet.

Di dalam dunia Kedokteran terdapat istilah "Telemedicine". Telemedicine merupakan implementasi dari Cloud Computing di bidang Kedokteran. Menurut Wikipedia , Telemedicine merupakan pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis pada jarak jauh. Aplikasi telemedicine saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan di dua negara.

Manfaat telemedicine mencakup kedalam 3 aspek yang saling terkait satu sama lain yaitu pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat langsung bagi pasien adalah:
- Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat rujukan
- Mudah mendapatkan pertolongan sambil menunggu pertolongan langsung dari dokter-dokter pribadi.
- Pasien merasakan tetap dekat dengan rumah dimana keluarga dan sahabat dapat memberikan dukungan   langsung.
- Menurunkan stres mental atau ketegangan yang dirasakan di tempat kerja.
- Menseleksi antara pasien-pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah sakit akan tetap tinggal di rumah

Konseptual Cloud Computing :


No comments:

Post a Comment